Home > Komunitas, Open Source > Open Source yang Mengubah Dunia

Open Source yang Mengubah Dunia

Open Source software, perlahan tapi pasti telah berhasil menarik perhatian dan penerimaan dari dunia. Butuh perjuangan yang tidak begitu mudah dan kadang menyakitkan, sehingga open source software ini memberikan pengaruh penting kepada dunia. Berikut ini beberapa aplikasi open source software yang telah berhasil mempengaruhi dunia, dan bahkan banyak pengguna yang tidak menyadari bahwa aplikasi ini adalah open source software.
1. GNU/Linux
Mungkin ini adalah hal terbesar yang pernah terjadi dalam dunia Open Source. Richard M Stallman, beliaulah ujung tombak sebuah proyek sistem software yang lengkap dan compatible dengan Unix dan sepenuhnya free yang beliau namakan GNU (Gnu is Not Unix). Bersamaan dengan itu Linus Torvalds berhasil mengembangkan kernel dan memberikan source codenya kepada khalayak, dinamakanlah Linux. Kernel Linux dan proyek GNU berhasil digabung menghasilkan sistem operasi baru dengan sebutan GNU/Linux atau Linux saja.

2. RedHat
Mungkin merupakan salah satu perusahaan yang menjadi besar karena proyeknya bersifat Open source. Redhat inilah yang berhasil mematahkan kritik yang menyebutkan open source tidak bisa mendatangkan profit. Diperkirakan nilai perusahaan di tahun 2010 ini mencapai $748,23 juta USD. Sungguh angka yang fantastis untuk sebuah perusahaan yang bergerak Open Source.

3. Ubuntu
Merupakan distro Linux terpopuler dan menjadi inspirasi terbentuknya distro-distro linux yang baru. Bahkan diperkirakan popularitasnya telah melebihi Linux itu sendiri.

4. WordPress
merupakan CMS berbasis blog yang banyak digunakan saat ini. Jarang orang mempercayai bahwa WordPress adalah aplikasi berbasis open source. CMS = Content Management System.

5. Drupal
Drupal juga merupakan CMS berbasis Open Source yang terbesar di dunia.

6. MySQL
Merupakan salah satu aplikasi management database yang paling populer saat ini. Kini MySQL sudah menjadi tool yang powerful bagi banyak situs besar di dunia seperti Wikipedia, Google dan juga Facebook.

7. Apache
Apache merupakan webserver paling populer sejak 1996. Saat ini Apache sudah melayani lebih dari 54, 56 % website di seluruh dunia.

8. Mozilla Firefox
Mungkin ini adalah kisah open source yang paling fenomenal. Firefox berani muncul mengejar pasar saat IE begitu kuat mendominasi saat itu. Pertarungan web browser ini akhirnya mengalami keseimbangan dan bahkan saat ini Firefox membuktikan dirinya lebih handal daripada IE.

9. OpenOffice
“gratis dan tidak cukup berguna” seperti itulah anggapan orang pada awalnya. Tetapi hanya dalam jangka satu tahun setelah Open Office 3 diluncurkan, aplikasi ini sudah didownload lebih dari 100 juta pengguna. Dan sekarang, aplikasi office suite ini telah menjadi alternatif yng dipilih banyak pihak untuk menggantikan office suite berbayar dari Windows yang dinilai terlalu mahal.

10. Google Chrome (Chromium)
Google mungkin adalah salah satu perusahaan besar yang sangat mengerti potensi yang sesungguhnya dari Open Source Software, karena itu lahirlah Google Chrome. Dari beberapa penelitian terakhir, Google Chrome terbukti sebagai browser teraman dibandingkan web browser lainnya.

11. Android
Mencoba melawan dominasi dari Symbian. Inilah kejutan yang menyenangkan bagi dunia Open Source, Android dengan mudah diterima dan dgunakan di pasar mobile device.

Referensi :

http://www.techdrivein.com/2010/08/11-biggest-open-source-success-stories.html

http://martianuswb.posterous.com/kisah-sukses-open-source-yang-mengubah-dunia

Categories: Komunitas, Open Source
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: