Home > Uncategorized > Mengenal komunitas Open Source 2010 di kota Solo

Mengenal komunitas Open Source 2010 di kota Solo

Kota solo biasanya di identik dengan kota Budaya, namun kali ini kita akan sedikit mengungkap bahkan mengenal aktifitas  Open Source di kota budaya ini. apa sajakah komunitas open source yang ada, di mana kantor atau tempat kumpulnya dan bagaiman kita bisa gabung atau meminta bantuan, berikut ini penjelasannya (update 2010).

1. Solo FOSS-ID

Solo FOSS-ID adalah sebuah wadah yang di bentuk oleh Depkominfo guna mensosialisasikan dan mendorong perkembangan perangkat lunak open source yang berada di wiliayah solo yang berpusat di Universitas Muhammadiyah Surakarta, atau bisa dikatakan Solo FOSS-ID adalah program kerja sama antara Depkominfo dengan UMS, untuk mensosialisasikan, mendorong perkembangan  Free Open Source Software yang berada di wilayah Solo dan sekitarnya.

2. KPLI Solo

Kelompok Pengguna Linux Indonesia – Solo, disingkat KPLI-Solo,dengan sebutan dalam bahasa Inggris: Linux User Group – Indonesia – Solo, disingkat LUG-ID-solo. Untuk selanjutnya dipopulerkan dengan nama Kelompok Pengguna Linux Solo dengan singkatan KPLI Solo.

KPLI-Solo didirikan di Surakarta pada tanggal 30 Oktober 2008 untuk jangka waktu yang tidak ditentukan, oleh para pengguna GNU/Linux di wilayah Solo dan sekitarnya.

KPLI-Solo adalah organisasi yg mewadahi pengguna GNU/Linux di Solo. KPLI-Solo bermaksud menciptakan pertumbuhan sains dan teknologi melalui iklim keterbukaan Teknologi Infomasi dengan memanfaatkan GNU/Linux sebagai upaya penyediaan SDM yg bertaqwa, berkualitas, beretika untuk mewujudkan kondisi yang saling melengkapi dan bersinergi dalam memanfaatkan, menyebarluaskan, meningkatkan kemampuan dan memberikan support pengguna, serta mengembangkan GNU/Linux di Indonesia.


3. OSUG Solo

OpenSolaris adalah proyek opensource sebuah sistem operasi yang dibuat oleh Sun Microsystem. Sistem operasi OpenSolaris ini berbasis Unix yang memiliki tekonologi paling inovatif di Planet ini dengan fitur-fiturnya seperti DTrace – framework observasi OS dan ZFS – Filesistem paling bagus, ZFS ini telah mendapatkan award tahun 2008 dari InfoWorld sebagai filesistem terbaik saat ini.

Sedangkan OSUG (OpenSolaris User Group) merupakan kumpulan para pengguna OpenSolaris yang berada di lokal wilayah suatu negara untuk senantiasa berbagi informasi, sharing pengalaman dan tempat diskusi tentang OpenSolaris. Di Solo sendiri di beri nama OSUG-Solo yang di launching tanggal 16 januari 2009.



4. POSS UMS


5. FOSTI UMS

Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat pesat khususnya di bidang komputer, sehingga menuntut pelaku di bidang komputer untuk dapat mengikuti perkembangan tersebut. Pengembangan komputer tidak lepas dari penggunaan sebuah sistem operasi yang mana seorang pelaku komputer harus dapat menentukan pilihan dalam penggunaan sistem operasi tersebut. Sebagian besar masyarakat menggunakan sistem operasi yang sudah dapat digunakan secara langsung, tetapi sistem operasi tersebut tidak dimugkinkan untuk melakukan modifikasi ataupun perbaikan apabila terjadi kerusakan pada produk tersebut. Karena hal tersebut maka dapat dipertimbangkan adanya aplikasi software yang bebas, dalam hal ini bebas dari biaya maupun bebas dalam pengembangannya.

Pemanfaatan software free open source akan menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi keterbatasan dana dan pengembangan dalam upaya pemanfaatan teknologi komputer. Banyak keuntungan yang dapat kita peroleh dengan memanfaatkan software free open source. Selain kita tidak perlu membayar biaya lisensi untuk menggunakan software tersebut, kita juga dapat mempelajari kode program dan bahkan dengan leluasa kita dapat melakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan kita.

Dari pernyatan-pernyataan tersebut, dapat menjadi dasar untuk merubah cara pandang pelaku komputer dalam menentukan pilihan. Pilihan untuk menentukan sistem operasi yang seharusnya dapat menjadi dasar dalam pengembangan teknologi komputer.

Di Indonesia saat ini juga sudah banyak yayasan ataupun komunitas yang bergerak untuk membantu memberikan perubahan sehingga Indonesia tidak tergantung pada sebuah vendor yang memberikan keterbatasan ruang untuk melakukan pengembangan sistem. Sebut saja YPLI Yayasan Penggerak Linux Indonesia, yayasan ini melakukan perubahan dengan melakukan roadshow linux dari Sabang sampai Merauke. Selain itu juga banyak acara yang digelat dengan tema Open Source ataupun Linux.

Dari alasan-alasan tersebut, kami mahasiswa Teknik Informatika akan membentuk sebuah komunitas Open Sorce, yang mana komunitas ini akan menjadi wadah bagi mahasiswa Teknik Informatika khususnya untuk memberikan partisipasiya dalam melakukan pengembangan teknologi komputer. Sebuah wadah untuk berbagi ilmu tentang Open Source. Komunitas yang kami bentuk adalah FOSTI, Forum Open Source Teknik Imformatika.


6. GOS-ELTRUMS

7. Ubuntu Solo

8. Debian Solo

Categories: Uncategorized
  1. Ahmad B
    December 7, 2010 at 10:11 pm

    Mau tny, siapa teknisi komputer d solo yg bs instalkan linux d netbuk saya? banyak orang yg mencoba tapi tidak bisa

  2. Ahmad B
    December 7, 2010 at 10:11 pm

    Mau tny, siapa teknisi komputer d solo yg bs instalkan linux d netbuk saya? banyak orang yg mencoba tapi tidak bisa. Tlg jwb ke ahmad_brj@yahoo.co.id

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: