Home > Komunitas > Intrepid Release Party, Solo

Intrepid Release Party, Solo

buntu Release Party, Interpid Ibex. Pertemuan yang diadakan di Ruang Video Confrence Puskom UNS kamis tanggal 30 Oktober kemaren berjalan cukup meriah. Dihadiri oleh 27 mahasiswa dari beberapa universitas di Solo, UNS, UMS dan Pratama Mulia. Acara ini diprakarsai oleh teman-teman Yogyafree Regional Solo dan Muslim Open Source sebagai tindak lanjut dari pertemuan yang sebelumnya sempat dilaksanakan di markas GosEltrUMS / foss-id solo. rencananya acara ini akan di adakan di 3 kampus berbeda (UNS, UMS dan Pratama Mulia) namun baru UNS yang bisa melaksanakan.

Acara dimulai dengan pengenalan Muslim Open Source oleh Mas Rizal, pemrakarsa sekaligus koordinator MOS saat ini. Komunitas yang beliau dirikan ini masih termasuk komunitas muda. Baru dibentuk bulan Agustus kemarin. Fokus dari Komunitas ini sendiri adalah penggunaan aplikasi-aplikasi opensource untuk keseharian. “Jika kita ingin melakukan sesuatu yang baik, kita harus mulai dengan penggunaan aplikasi yang baik pula” kata mas Icank, panggilan akrab mas Rizal. Projek terdekat yang ingin digarap oleh komunitas ini adalah penerbitan buletin soal open source yang reguler. Insya Allah, dalam waktu dekat akan segera di mulai projek ini.

Ubuntu Party kemudian dilanjutkan dengan demo instalasi Ubuntu. Versi Interpid Ibex sayangnya belum bisa didemokan, karena sampai siang menjelang acara, belum ada versi stabel yang dikeluarkan oleh pihak pengembang Ubuntu. Demo pun akhirnya diputuskan menggunakan versi Hardy Heron (8.04). Kebetulan rata-rata peserta juga banyak yang menggunakan versi ini. Mas Edwin dan Mas Agus dari teknik industri UNS dengan sabar memberikan penjelasan mengenai prosedur instalasi ubuntu yang sekarang sudah cukup user friendly. Di sesi ini, ada salah satu peserta yang mencoba melakukan dual booting Vista dan Ubuntu. Sempat terjadi masalah dengan booting windows Vista. Alhamdulillah, dengan sedikit otak atik panitia bisa membantu salah satu peserta tsb.

Sekitar jam 2.30 akhirnya acara dilanjutkan dengan pembahasan mengenai tindak lanjut kegiatan beberapa kampus yang terintegrasi. Seperti yang sudah kita tahu, KPLI solo sudah cukup lama vakum dan tidak melakukan kegiatan, itu Menurut kasak kusuk yang sudah dilakukan oleh temen-temen GOS ELTRUMS. pembicaraan semakin semrawut dan akirnya di sepakati bahwa akan ada 1 koordinator tiap kampus dari 3 kampus untuk koordinasi dan sebagai tempat nongkrong di pilihlah foss-id solo

Nantinya koordinator-koordinator ini yang akan menjadi tangan panjang tiap-tiap universitas guna mengadakan kegiatan bareng

UNS ; Muh. Faruq Afif
UMS ; arif rohman Hakim
Pratama Mulia ; Zaki

Categories: Komunitas
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: